Kamis, 08 Maret 2012

MAKNA ELASTISITAS DALAM KEHIDUPAN MANUSIA



   
Dalam fisika, elastisitas didefinisikan sebagai kemampuan suatu benda untuk kembali ke bentuk semula segera ketika gaya luar yang diberikan pada benda dihilangkan. Gaya tarik yang dikerjakan pada suatu benda dapat mengubah bentuk atau ukuran benda.
Dari hal ini benda bisa dikatakan selalu berubah bentuk sesuai dengan lingkungan yang mempengaruhinya. Benda yang mempunyai sifat dapat kembali ke bentuk semula segera ketika gaya luar yang diberikan pada benda dihilangkan disebut Benda Elastis.
Contoh-contoh benda elastis adalah Pegas, tali busur panah, tali karet dan lain-lain. Manfaat benda elastis dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak yaitu pada pakaian, celana olah raga, mainan anak-anak, pada karet, tali busur panah, dll. Dengan ditemukannya benda elastis maka semua aktivitas yang kita lakukan lebih mudah dan nyaman.

Makna Dalam Kehidupan
            Benda elastis menggambarkan seseorang yang mampu beradaptasi dengan lingkungan dimanapun ia berada. Adaptasi adalah kemampuan untuk menyesuaikan, menyamakan diri dengan lingkungan sekitar.
             Kemampuan beradaptasi merupakan ketrampilan yang harus dimiliki oleh setiap orang karena hanya dengan beradaptasi kita dapat diterima oleh lingkungan kita. Dapat kita bayangkan jika seseorang tidak dapat beradaptasi dengan lingkungannya, ia akan ditolak dan dibenci oleh lingkungan yang ada di luar dirinya.
            Orang yang tidak mau beradaptasi adalah orang yang egois, merasa dirinya selalu benar, dan selalu meninggikan diri. Lihatlah bunglon yang dapat beradatasi yaitu dengan cara mengubah warna kulitnya sesuai dengan warna yang dominan di tempat ia berada, ia mampu mengelabui musuh yang sedang mengincarnya sehingga musuhnya tidak dapat melihat bunglon tersebut.
            Berbagai tantangan dan tekanan datang dari luar untuk menghancurkan hidup kita, hanya orang yang rendah hati dan mampu beradaptasilah yang mampu menghadapi segala tantangan yang ia hadapi.
            Jadilah orang yang fleksibel, yang selalu menyesuaikan diri dengan lingkungan dimanapun berada dengan cara belajar, melihat, mendengar, melakukan, dan jadilah orang yang rendah hati. Hanya orang-orang yang rendah hati hidupnya akan selamat dari marabahaya dan selalu dikenang sepanjang masa.

Tidak ada komentar: